FACEBOOK

Manfaat dan Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb.

 Bagi sebagian orang sarapan pagi merupakan suatu kebiasaan yang sering kali jarang di lakukan. Faktor tubuh yang masih belum memberi respon lapar adalah alasan kenapa tidak melakukannya. Seperti yang kita ketahui pagi hari adalah waktu yang sangat pas untuk memberi nutrisi pada tubuh dimana tubuh telah beristirahat (tidur) lebih kurang 8 jam. Didalam kondisi tidur fungsi alat pencernaan seperti lambung dan usus tidak akan bekerja seperti biasanya karna dalam kondisi istirahat. 


Pada saat bangun di pagi hari otomatis lambung dan alat pencernaan lainnya tidak memiliki asupan yang harus di cerna. Sehingga disini penyebab perlunya untuk sarapan pagi agar lambung dan alat pencernaan lainnya dapat bekerja dengan optimal. Dan juga sarapan pagi dapat menunjang energi yang di butuhkan selama beraktivitas. Semua aktivitas di mulai di pagi hari baik itu bekerja maupun sekolah, oleh sebab itu sangat di anjurkan sarapan pagi agar dapat memberi tenaga dalam menjalankan aktivitas tersebut.

Selain itu dengan sarapan pagi kita dapat mengontrol asupan makanan saat makan siang nantinya. Seperti yang di katakan di awal tadi bahwa dengan sarapan pagi akan membantu menyuplai  nutrisi bagi tubuh. Oleh sebab itu dalam sarapan pagi kita harus memilih sarapan yang sehat yang dapat menunjang aktivitas nantinya.


Layaknya seperti handphone yang harus di cas agar dapat menggunakannya, begitu juga manusia setelah beristirahat lebih kurang 8 jam maka mau tak mau harus mengisi energi dengan cara sarapan sebelum melakukan aktivitas. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang berguna bagi tubuh kita. Berikut saya jelaskan Manfaat Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan :

1. Sebagai Pemberi Energi



Dalam menjalankan aktivitas tubuh memerlukan energi. Dimana sarapan pagi merupakan awal sebelum menjalankan aktivitas sehingga dengan sarapan pagi berarti kita telah  memberikan/ menyuplai energi yang nantinya di gunakan saat beraktivitas.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dapat menurunkan berat badan? rasanya tidak mungkin bukaan..  Namun kenyataannya seperti itu. Sebuah penlitian mengungkapkan bahwa orang yang sering sarapan pagi akan dapat menurunkan berat badannya. Hal ini di karnakan bila seseorang sarapan pagi maka ia lebih cendrung dapat mengatur pola makan siang nya agar tidak berlebihan. 
Namun tidak sebaliknya, bila seseorang melewatkan  sarapan pagi maka ia lebih cendrung memilih makan siang yang "menggugah selera". Dengan porsi yang berlebihan serta kadar lemak yang tinggi tentu akan membuat orang tersebut akan bertambah gemuk karna asupan yang di masukkan terlal banyak. Nah.. ini lah akibatnya bila kita melewatkan sarapan pagi.

3. Mencegah dan Menurunkan Resiko Penyakit Kronis




Menurut sebuah penelitian bahwa dengan kita rutin sarapan pagi maka dapat menurunkan kadar gula pada batas normal. Kadar gula dalam darah yang tinggi merupakan penyebab terjadinya diabetes dan juga pada akhirnya akan meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Ini di sebabkan karna pada saat bangun di pagi hari, gula di dalam darah memiliki kadar yang rendah. Bila kita melewatkan sarapan pagi, lalu pada makan siangnya kita santap dengan porsi yang besar tentu akan membuat gola darah naik melonjak. Inilah yang menyebabkan penyakit seperti diabetes menyerang. Hal ini tentu berbahaya bukan..?

Begitu juga bagi para penderita penyakit maag. Jangan sampai melwatkan sarapan pagi karna tidak ada makanan yang akan di cerna oleh lambung. Dengan begitu maag akan kembali kambuh pada saat menjelang siang. Usahakan perut tidak dalam keadaan kosong di pagi hari, walaupun hanya dengan memakan roti saja.

4. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Pada masa anak anak dimana masih dalam proses pertumbuhan lebih baik memberi anak asupan yang bergizi pada pagi hari. Dengan begitu daya ingat, konsentrasi serta pertumbuhan anak akan terjaga dengan baik dan juga anak lebih mudah menyerap pelajaran yang di dapatkannya dari sekolah.
 
Ternyata banyak manfaat yang kita dapat dari sarapan pagi. Ada baiknya sekarang kita ubah kebiasaan melewatkan sarapan pagi karna dengan sarapan pagi kita sudah berusaha menjaga tubuh agar tetap sehat. Lebih baik menghindari daripada mengobati  bukaan?
Demikian Manfaat Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda :)

0 Response to "Manfaat dan Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan"