FACEBOOK

cara membuat tulisan arab di photoshop

Assalamu’alaikum warhamatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara mengetik tulisan arab di photoshop. pada postingan sebelumnya saya telah mengulas mengenai cara mengaktifkan mode keyboard untuk mengetik tulisan arab di netbook, laptop, kamputer. Dan setelah itu saya juga telah mengulas tentang bagaimana cara membuat baris atau harokat tulisan arab di microsoft word 2007. Dan untuk postingan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara mengetik tulisan arab di photoshop.

Sebenarnya mengetik tulisan arab di photoshop sudah bisa dilakukan jika mode keyboard nya sudah diubah menjadi mode arabic. Namun yang menjadi permasalahan ketika kita mengetik tulisan arab di photoshop adalah tulisan arab yang kita ketik itu tidak bersambung atau putus – putus. Dan agar kita bisa meletakkan tulisan arab di photoshop ini ada banyak caranya. Namun disini saya akan menjelaskan cara meletakkan tulisan arab di photoshop ini dengan 2 cara. Adapun 2 cara yang dapat kita lakukan untuk meletakkan tulisan arab di photoshop yaitu sebagai berikut:

1. MEMASUKKAN TULISAN ARAB YANG TELAH BERBENTUK GAMBAR.

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk meletakkan tulisan arab ke photoshop yaitu dengan cara memasukkan tulisan arab dalam bentuk gambar yang telah ada. Disini kita bisa mencari gambar tulisan arab di internet, membuat tulisan arab di power point dan kemudian kita save dalam bentuk gambar, dan lain – lain. Namun disini sebagai contoh saya akan mengetik tulisan arab di power point dan kemudian menyimpannya dalam bentuk gambar. Setelah itu baru hasil gambarnya di masukkan kedalam photoshop. ikuti langkah berikut:

Langkah 1:
silahkan aktifkan terlebih dahulu mode keyboard arabic. Untuk mengaktifkannya anda bisa baca pada postingan cara mengetik tulisan arab di komputer.

Langkah 2:
Buka software power point, kemudian ketikkan tulisan arab sesuai keinginan anda. Pada contoh ini saya menuliskan   السلا م عليكم ورحمة الله وبركاتة



Kemudian simpan tulisan arab yang telah dibuat dalam bentuk gambar dengan cara tekan Ctrl + S dan setelah itu ganti pada kolom save as type menjadi JPEG atau PNG.



Langkah 3
Dan terakhir buka software photoshop, kemudian tekan tombol Ctrl + O, setelah itu cari lokasi dimana lokasi gambar tadi di simpan.

2. MENGETIK LANGSUNG TULISAN ARAB DI PHOTOSHOP

Untuk cara yang kedua ini adalah cara yang paling mudah. kita tidak perlu lagi mencari gambar untuk di masukkan ke photoshop. dan tulisan yang ingin ketikkan di photoshop pun bebas sesuka kita.namun cara kedua ini hanya bisa pada photoshop versi tertentu saja. saya telah mencoba di CS 3 dan ternyata pada photoshop cs3 tidak bisa, dan begitu pula untuk cs5. dan terakhir saya menggunakan photoshop cs6, dan Alhamdulillah bisa.

adapaun cara untuk mengetik tulisan arab di photoshop cs6 yaitu:

langkah1
silahkan buka terlebih dahulu photoshop cs6 anda, kemudian buatlah lebar kerja baru dengan cara menekan tombol Ctrl + N. 

langkah2
sekarang buka panel preferences dengan cara menekan tombol Ctrl + K. kemudian pilih type, dan atur pada choose engine options menjadi middle eastern. klik OK.

langkah3
restart photoshop cs6 anda, dan silahkan coba ketikkan tulisan arab sesuka anda. dan tulisan arab yang anda ketikkan tidak akan terpisah - pisah lagi

Semoga berhasil

demikianlah cara mengetik tulisan arab di photoshop,  semoga bermanfaat bagi kita semua.amin

0 Response to "cara membuat tulisan arab di photoshop"