FACEBOOK

cara mempertajam kualitas foto di photoshop


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tutorial photoshop mengenai cara mempertajam kualitas foto. Menurut saya, pada dasarnya yang menentukan keindahan dari sebuah jepretan seorang photographer adalah sudut pengambilan gambar, pencahayaan, model, latar, warna, dan ketajaman foto. Sudut pengambilan gambar dianggap sangat penting karna apabila kita mengambil gambar dari sudut yang hanya asal – asalan, maka akan mengurangi keindahan dari foto. Begitu juga pencahayaan, ini sangat penting sekali bagi seorang photographer untuk mengatur pencahayaan sebelum melakukan pengambilan gambar. Jika hanya asal jepret tanpa mengatur pencahayaan terlebih dahulu, maka akan mejadi nilai kurang bagi sebuah foto. Kemudian model juga menentukan keindahan dari sebuah foto. Disini saya tidak mengatakan bahwa yang menentukan keindahan foto adalah model cantik ataupun tampan. Akan tetapi yang menentukan keindahaannya adalah keselarasan antara model dan tema pengambilan gambar. Jika model dan tema pengambilan gambar tidak sesuai, maka juga akan memberi kesan yang tidak bagus. Dan terakhir yaitu warna dan ketajaman foto, inilah yang akan saya ulas pada postingan kali ini.

Pengaturan warna dan ketajaman foto sangatlah penting bagi sebuah foto. Karna warna dan ketajaman foto ini yang akan memberi kesan sebuah foto, apakah foto itu hanya biasa saja, atau foto tersebut bersifat lebih elegant. Biasanya, sesuai dengan pengalaman saya sebagai photographer yang belum di akui oleh dunia dan hanya menggunakan kamera pocket saja (ngelawak dulu), foto hasil jepretan dari sebuah kamera itu tidak terlalu tajam dan perlu ada editan tambahan seperti warna dan ketajaman, dan bahkan pencahayaan juga. Untuk kamera SLR atau DSLR pun menurut saya belum memberi hasil yang tajam. Oleh sebab itu juga perlu ada sedikit editan untuk mengatur warna dan ketajaman hasil dari kamera tersebut. Disini saya akan mengulas cara mempertajam kualitas foto dengan langkah demi langkah dengan harapan postingan ini mudah di pahami dan bermanfaat bagi kita semua.

hasil akhir

Baiklah, adapun cara mempertajam kualitas foto sebagai berikut:

Langkah 1
Silahkan buka terlebih dahulu program photoshop anda, kemudian cari gambar yang akan di tajamkan kualitasnya dengan cara menekan tombol Ctrl + O. Disini saya menggunakan foto saya bersama best friend.



Langkah 2
Langkah yang pertama ini kita akan mengatur cahayanya terlebih dahulu dengan cara mengatur brightnesst dan contrast. Untuk mengaturnya silahkan pergi ke Image > Adjustment > Brightnesst/Contrast. Kemudian aturlah sesuai keinginan anda agar gambar atau foto terlihat lebih terang. Saya mengaturnya seperti gambar dibawah ini:




Langkah 3
Pada langkah yang kedua ini, kita akan mengatur gelap terangnya foto. Disinilah yang akan memberi ketajaman foto. Untuk mengatur gelap terang nya yaitu dengan cara mengatur level. Silahkan pergi ke Image > Adjustment > Level. Setiap foto berbeda, sehingga pengaturannya berbeda. Jadi silahkan atur levernya sesuai keinginan anda. Disini kita hanya akan merupah gelapnya saja, jadi silahkan geser bagian yang hitam hingga foto terlihat lebih tajam.




Langkah 4
Sekarang kita akan mengatur kembali ketajaman foto dengan cara mengatur contrast. Silahkan ulangi langkah 2.

Dan hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini..
Taraaaaa



Demikianlah cara mempertajam kualitas foto di photoshop, semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, salam santri aktif :D

0 Response to "cara mempertajam kualitas foto di photoshop"