FACEBOOK

Manfaat dan Khasiat dari Daun Pepaya

Assalamualaikum Wr.Wb.

Anda pasti tahu Pepaya bukan? Buah yang tak asing untuk di konsumsi ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya baik untuk melancarkan pencernaan. Namun pernah kah anda sadari bahwa selain buah apalagi yang bermanfaat dari pohon pepaya?  jawabannya adalah daun pepaya. Jawabannya sedikit ngaur bukan.. namun begitulah kenyataannya. :)

Banyak orang yang tidak menyadari manfaat dari daun pepaya ini,sehingga kebanyakan orang hanya menganggap sebagai sampah kebun. Allah menciptakan sesuatu itu pasti ada manfaatnya bagi manusia, tanpa kita sadari begitu juga dengan daun pepaya yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita.

Sebelum saya menjelaskan Manfaat dan Khasiat dari Daun Pepaya. Saya akan menjelaskan kandungan yang terdapat di dalam daun pepaya. Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli kesehatan, ternyata di dalam daun pepaya banyak terkandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, besi, hidrat arang, protein, vitamin c, vitamin B1 dan vitamin A. 

Selain itu terdapat juga terdapat Tocophenol, Alkaloid dan enzim karpain yang terdapat pada daun pepaya muda, dimana enzim ini berfungsi sebagai pemecah protein. Zat lain yang terkandung seperti khimoprotein yang berfungsi sebagai katalisator dalam proses hidrolisis serta lisozim sebagai anti bakteri.

Selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa  Manfaat dan Khasiat dari  Daun Pepaya, diantaranya:

1. Menghindari Penyakit Kanker

 Getah putih seperti susu yang terdapat pada batang dan daun pepaya memiliki zat yang berfungsi sebagai antikanker. Dengan cara mengkonsumsi daun pepaya otomatis kita telah melakukan suatu antisipasi terdapat penyakit kanker.
2. Melancarkan Proses Pencernaan

Sama halnya dengan buah pepaya, daun pepaya juga berfungsi sebagai melancarkan proses pencernaan dikarnakan di dalam daun dan buah pepaya terdapat enzim karpain yang dapat membunuh micro organisme di dalam proses pencernaan.



3. Meredakan Nyeri saat Haid

Rasa nyeri sering datang khususnya bagi para wanita yang lagi berhalangan/ haid . Namun jangan khawatir daun pepaya bisa membantu meredakannya dengan cara rebus daun pepaya 1 atau 2 lembar lalu campurkan dengan asam jawa dan garam. Tunggu hingga mendidih lalu tiriskan, Minum secara teratur.

4. Menambah Nafsu Makan

Dengan mencampurkan daun pepaya, garan dan air hangat lalu di blender, setelah itu di saring dan diminum dipercaya mampu menambah nafsu makan.

5. Menghilangkan Jerawat

Jika anda mempunyai masalah dengan jerawat, anda bisa mengatasinya dengan daun pepaya yaitu dengan cara haluskan daun pepaya yang telah di keringkan lalu campurkan dengan air. Jadikan sebagai masker di wajah.

6. Mengobati Demam Berdarah

Selain jambu biji yang terkenal untuk mengobati demam berdarah, daun pepaya juga bisa mengobatinya yaitu dengan mencampurkan temulawan, daun pepaya dan gula merah lalu di rebus. air hasil rebusan di minum secara teratur dan jangan berlebihan.

7. Mengatasi Kekurangan Nutrisi pada Balita

Dengan meminum air hasil rebusan daun pepaya dapat mencegah kekurangan nutrisi pada balita. Hal ini di sebabkan karna daun pepaya memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.




Tambahan
 
  Mungkin manfaat yang satu ini bukanlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun digunakan untuk mengempukkan daging sapi atau kerbau sebelum dijadikan masakan. Caranya adalah dengan merebuskan daging dan beberapa daun pepaya sebelum dijadikan masakan atau cara lain bungkus danging dengan perasan daun pepaya lalu diam kan beberapa menit sebelum di masak.

Setelah mengetahui manfaat dari daun pepaya apakah kita masih underestimate. Namun dalam mengkonsumsi daun pepaya kita harus berhati hati. Getah daun pepaya juga berbahaya bagi kulit yang sensitif dan juga bagi sistem pencernaan dapat memicu terjadinya asma. Berhati hatilah dalam mengkonsumsi, jangan berlebihan dan tentukan pola konsumsinya juga.

Demikian Manfaat dan Khasiat dari  Daun Pepaya , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda :)





0 Response to "Manfaat dan Khasiat dari Daun Pepaya "