FACEBOOK

Manfaat Air putih Untuk Menjaga Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada dasarnya tubuh kita terdiri dari 90% air. Air berfungsi untuk membantu dalam proses pencernaan, metabolisme tubuh, sirkulasi, penyerapan nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Manusia pada umumnya membutuhkan 1.5 - 2 liter air perhari atau sebanding dengan 8 gelas air.  Kebutuhan ini untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh baik berupa keringat ataupun air seni.



Air merupakan komponen utama dari tubuh. Volume air pada tubuh manusia tergantung pada usianya. Semakin bertambah usia seseorang maka kadar air di dalam tubuhnya semakin berkurang. Dengan memilih asupan air yang baik dan tidak membahayakan bagi tubuh akan membuat tubuh menjadi sehat.


 Air putih yang mengandung mineral, H2O, oksigen sangat di butuhkan oleh tubuh. Hindarilah minum minuman yang berbahaya bagi tubuh seperti minuman yang mengandung alkohol, soda dan zat lain yang berbahaya. Jika mengkonsumsinya tidak akan memberi dampak sehat malahan akan menjadi penyakit bagi tubuh. 

Jika tubuh kekurangan cairan maka akan banyak kemungkinan hal yang akan terjadi seperti   ;           1. dehidrasi
2. akan membuat sel sel otak menjadi tidak aktif
3. menurunnya kosentrasi. 
4. infeksi kandungan kemih
5. kulit kusam
6. kematian
7. gangguan pada fungsi ginjal.

Mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah tidur sangatlah di anjurkan karna akan mengurangi resiko penyakit dan infeksi sebab air akan mengusir racun yang menyebabkab penyakit. Dan juga akan memberi kesegaran di saat bangun. Minum pada saat bangun tidur sama halnya anda melakukan detoksifikasi tubuh.

Hal di atas mungkin saja terjadi jika tubuh kekurangan cairan. Sebagian orang menganggap minum air putih hanyalah untuk menghilangkan dahaga, namun di balik itu terdapat banyak manfaat bagi tubuh. Berikut akan saya jelaskan Manfaat Air putih Untuk Menjaga Kesehatan ;

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi 

 Mengkonsumsi air putih akan membantu pembentukan air ludah. Air ludah berfungsi sebagai  pembersih mulut.
2. Melancarkan sistem pencernaan

Pada sistem pencernaan juga membutuhkan cairan untuk mempermudah prosesnya. Jika kekurangan cairan maka akan terjadi sembelit atau susah BAB.
3. Menjaga fungsi ginjal

Sistem ekresi pada tubuh melibatkan ginjal. Dimana cairan yang masuk kedalam tubuh akan di disaring pada ginjal. Kekurangan cairan akan membuat kinerja ginjal berkurang dan akan terjadi batu ginjal yang di sebabkan oleh pengumpalan zat zat hasil ekresi pada ginjal. Dengan  begitu mengkonsumsi air yang cukup akan memperlancar ekresi pada ginjal yang otomatis membuat ginjal tetap sehat.

4. Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala sering muncul di akibatkan oleh dehidrasi pada tubuh. Di saat cairan di kepala berkurang  maka saluran  sel darah pada otak akan mengalami penurunan fungsi yang tentu menyebabkan sakit pada bagian kepala.

5. Penyeimbang sistem getah bening

Disaat sistem getah bening bekerja dengan optimal.maka berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh bisa terhindar.
6. Mengontrol berat badan

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu mengurangi jumlah makanan yang masuk. Karna air putih mengandung zat zat yang juga terdapat pada makanan.
7. Membuat mood lebih baik

Coba anda rasakan di saat anda mengkonsumsi air putih, perasaan yang sebelumnya semberaut menjadi tenang dan legah. itu yang membuat air putih bermanfaat.

Demikian Manfaat Air putih Untuk Menjaga Kesehatan. Selalulah mengkonsumsi air 8 gelas sehari agar tubuh anda tetap sehat dan kuat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda :)

0 Response to "Manfaat Air putih Untuk Menjaga Kesehatan"