FACEBOOK

Cara yang Tepat Berhenti Merokok

Assalamualaikum Wr.Wb.

 Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang Cara yang Tepat Berhenti Merokok. Terlebih dahulu saya akan memberi renungan bagi anda.
 Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sulit di hindari. Layak nya seperti narkoba, para perokok ini sering kali ketagihan untuk terus malakukannya. Kalaulah kita fikir-fikir apa untungnya sih merokok? Hanya menghirup dan memainkan asap saja dan juga asapnya itu sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan memberi manfaat malah menjadi ranjau bagi kesehatan tubuh. Mungkin bagi para pecandu rokok hal ini tidaklah di hiraukan karna mereka sudah terlanjur menikmati. Mereka akan sadar setelah merasakan dampaknya.


Lalu apakah harus menanggung akibat dahulu baru kita sadar..! Bagi anda yang sekarang masih di dalam genggaman rokok, apakah anda merasakan sesuatu yang ganjal di dalam diri anda? yang biasanya anda bisa lakukan  ini itu namun sejak merokok anda terasa kurang fit. Mungkin anda telah merasakan dampaknya. Namun jika anda masih belum merasakan perubahan dalam diri anda, sekaranglah waktu yang tepat untuk mengakhirinya.

 Jangan pernah anda berfikir "biarlah suatu saat pasti berhenti sendiri" karna Ingatlah.. "berhenti merokok dengan sendirinya hanya akan berlaku bila nafas anda sudah berhenti (mati) ". Agar bisa berhenti merokok anda harus berusaha melakukannya. Jika tidak maka usaha anda hanya akan sia-sia.  Berbicara tentang bahaya nya rokok tentu tidak lepas dengan apa yang ada didalamnya. Banyak zat-zat yang sangat berbahaya bila masuk kedalam tubuh,berikut saya uraikan :

1. Formaldehida, yaitu zat beracun yang biasa di gunakan sebagai pengawet mayat.
2. Hidrogen Sianida, yaitu zat yang biasa di campurkan dalam cairan pembasmi semut dan juga sebagai zat dalam pembuatan plastik dan pestisida.
3. Arsenik, yaitu bahan campuran dalam racun tikus.
4. Carbon Monoksida, yaitu sama hal nya seperti asap yang di keluarkan oleh mobil.
5. Cadmium,yaitu logam yang sangat beracun serta radioaktif.
6. Asetilena,yaitu Senyawa kimia yang tak jenuh yang merupakan hidrokarbon alkuna.
7. Benzene, yaitu senyawa yang mudah terbakar.
8. Tar, yaitu zat yang terdiri dari 4000 bahan kimia dan 60 diantaranya bersifat karsinogenik.
9. Nikotin, yaitu zat yang membuat pecandu merasa nyaman dan rileks.
dan masih banyak zat zat lain yang tentunya berbahaya..!

Begitu banyak zat yang terdapat di dalam rokok dan pastinya  sangat berbahaya bagi tubuh bila di konsumsi. Akibat yang di timbulkan juga tidak main-main, terutama kanker paru-paru. Jika dilihat secara seksama pada bungkus rokok pun juga tertera dampak dari merokok. Lalu apa reaksi anda jika membacanya? pasti biasa saja dan hanya menganggap sebagai "hiasan bukus" belaka.



Gambar di atas adalah bukti yang menunjukkan dampak dari merokok, dimana seorang perokok aktif meninggal akibat kanker paru-paru. Nah mulai sekarang cobalah berfikir rasional, berhenti menjadi budak rokok dan beralih ke pola hidup sehat tanpa asap rokok. Biasanya berhenti merokok bukanlah perkara yang mudah. Berikut saya bagi Cara yang Tepat Berhenti Merokok agar dapat mempermudah anda :

1. Niat dari Hati

Sesuatu itu di mulai dari niat, jika dari niat saja kita sudah goyah maka alamat usaha anda berikutnya akan gagal. Jadi oleh sebab itu, Bila anda memulai dengan niat sungguh sungguh untuk berubah maka sama halnya anda telah memberikan suatu kekuatan pada diri anda. Anda tidak akan tergoda dengan apapun.

2.  Kurangi Secara Berkala

Memang tidak akan bisa bila anda sudah berniat dengan sungguh-sungguh lalu memutuskan berhenti total pada saat itu juga. Hal itu sangat lah sulit untuk di lakukan, bayangkan suatu kebiasaan di hilangkan begitu saja tentu akan terasa sulit di jalani. Dengan mengurangi secara berkala maka keadaan akan berubah. Sebagai contoh bila anda biasanya dalam sehari menghabiskan 6 batang rokok, Namun untuk permulaan anda kurangi menjadi 5 dan hari selanjutnya 4,3 dan begitu seterusnya hingga akhirnya anda dapat mengatasinya.

3. Hindari Waktu Dimana Anda Biasanya Merokok

Hampir sebagian besar perokok memiliki waktu dimana mereka sering merokok pada saat itu. Sebagai contoh yaitu pada saat setelah makan. Kebanyakan perokok sering menjadikan waktu ini sebagai waktu yang tepat untuk merokok. Entah apa penyebabnya, namun pernah saya dengar " kalau habis makan tidak merokok rasanya tuh kenyang pada saat makan tidak terasa" kata perokok yang juga teman saya. Untuk menghilang kan kebiasaan anda yang selalu merokok setelah makan itu, anda bisa menghindarinya dengan "memakan permen" atau membuat kesibukan yang lain sehingga anda lupa dengan rokok. Perlu anda ketahui menurut sebuah penelitian "merokok setelah makan sebanding dengan anda merokok 10 batang rokok (peluang terancam kanker akan tinggi).

Lakukan hal yang sama dengan waktu" yang lain dimana anda biasanya merokok pada saat itu.

4. Tahan Keinginan Untuk Merokok



Bila keinginan untuk merokok datang menghampiri anda cobalah untuk menahannya, sibukkan diri agar keinginan tersebut hilang .

5. Jangan Dekati Perokok lainnya

Dengan menghindari dari perokok lainnya maka anda telah berusaha menahan keinginan untuk merokok. Kebanyakan kasus disaat seseorang sudah berniat untuk berhenti namun disisi lain banyak teman yang malah memancing agar niatnya berubah dan tetap menjadi perokok aktif. Hal ini menjadi godaan yang berat bagi anda bila berusaha berubah. Maka hindarilah dan Usahakan menjauh agar anda tidak tergiur.

Demikian Cara yang Tepat Berhenti Merokok. Perlu anda ingat bahwa bila narkoba itu berbahaya lalu apa bedanya dengan rokok. Jika anda telah mengetahui dampak yang di timbulkan, apakah anda masih tetap menghiraukannya??  mulai  sekarang berhentilah merokok bila anda tidak ingin di hari tua anda menderita. Kunci utama agar bisa berhenti merokok berawal dari dalam diri anda sendiri, niat dengan sungguh sungguh dan berusaha maka anda akan mampu menghindarinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda :)




0 Response to "Cara yang Tepat Berhenti Merokok "