FACEBOOK

Cara menyembunyikan file atau folder di windows 7 menggunakan Comand Prompt (CMD)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh.

Pada kesempatan kali ini saya ingin share sedikit ilmu komputer yang saya ketahui mengenai cara menyembunyikan file atau folder penting sehingga data penting kita lebih aman. tutorial ini mungkin akan berguna bagi anda - anda yang mempunyai data - data penting dan rahasia. sehingga hanya anda saja yang bisa membuka file atau folder tersebut. sebenarnya ada banyak cara untuk menyembunyikan file atau folder di windows 7. salah satu cara yang mungkin sudah kita ketahui bersama yaitu dengan cara mengklik kanan file atau folder yang ingin di sembunyikan, kemudian memilih properties dan memberi tanda ceklist pada tulisan hidden. namun pada saat ini kita akan menggunakan cara lain yaitu dengan Comand Prompt (CMD).
Baiklah langsung saja ikuti langkah - langkah berikut :

langkah 1
silahkan anda buka jendela comand Prompt dengan cara klik start - All Programs - Accessories - comand prompt. untuk cara cepat yaitu dengan cara menekan tombol start dan R pada keyboard secara bersamaan. kemudian ketikkan "cmd" (tanpa tanda kutip). lalu klik OK.





Langkah 2
carilah lokasi file atau folder yang ingin anda sembunyikan. untuk sebagai contohnya penulis akan menyembunyikan file yang bernama atms.c yang berada di dalam folder tugas pada local disk (D:). untuk memilih local disk D, ketikkan pada jendela comand prompt "D:" ( tanpa tanda kutip).  kemudian tekan enter

langkah 3
setelah masuk lokal disk D, pilih folder tugas dengan menulis "cd tugas" (tanpa tanda kutip). kemudian tekan enter.

langkah 4
setelah masuk pada folder tugas, ketikkan rumus "attrib +s +h +r atms.c" (tanpa tanda kutip). kemudian tekan enter.
silahkan lihat apa yang terjadi pada file anda, jika hilang berarti anda telah berhasil.


Catatan : 
jika anda ingin menyembunyikan sebuah file, maka ikut sertakan ekstensi file tersebut. seperti contoh di atas, ekstensi dari file tersebut adalah c. contoh lainnya, jika anda ingin menyembunyikan sebuah lagu berjudul Khairul Qalbi yang berekstensi mp3. maka rumusnya adalah "attrib +s + h + r Khairul Qalbi.mp3". namun jika anda ingin menyembunyikan sebuah folder, anda cukup menuliskan rumus dan nama foldernya saja

PENTING !!
untuk mengembalikan file atau folder yang telah kita sembunyikan, anda cukup mengganti tanda + menjadi -. contoh "attrib -s -h -r atms.c" (tanpa tanda kutip).

terimakasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. dan bantu kami untuk mendapatkan like yang lebih banyak dengan mengklik like yang telah kami sediakan.

SANTRI AKTIF, PASTI BISA