FACEBOOK

Cara mudah membuat Subtitle video atau film menggunakan Notepad

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Bagaimana kabar anda ?, semoga kita selalu diberikan kesehatan serta panjang umur oleh  Allah SWT. amiin. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu lagi mengenai cara membuat subtitle video ataupun film sendiri. tutorial kali ini merupakan request dari beberapa teman - teman yang mendapatkan tugas dari dosen mereka untuk membuat video berbahasa arab disertai subtitle Indonesia. oleh sebab itu saya menulis tutorial tentang membuat subtitle ini. subtitle ini sangat berguna untuk mentranslate percakapan pada sebuah film atau video yang kita tonton. sehingga dengan melihat subtitle kita lebih mudah untuk mengerti maksud dan jalan cerita video atau film yang kita tonton tersebut. pada tutorial ini kita akan menggunakan program yang telah di sediakan pada semua versi windows yaitu Notepad. ini adalah salah satu cara yang sangat sederhana alias simpel untuk membuat subtitle video kita sendiri. sebenarnya masih sangat banyak software yang bisa kita gunakan untuk membuat subtitle seperti Subtitle Creator, Aegisub, dan masih banyak lagi. 

Baiklah kita mulai, silahkan ikuti langkah - langkah yang telah penulis urutkan, penulis berharap anda membaca langkah demi langkah sehingga anda dapat memahami tutorial ini dengan baik.

Langkah 1
Silahkan buka program Notepad dengan cara klik Start - All Programs - Accessories - NotePad. 

Langkah 2
silahkan buka video atau film yang ingin anda buat subtitlenya.

Langkah 3
lihat program Notepad yang telah anda buka saat pertama tadi, kemudian tuliskan pada Notepad tersebut sebagai berikut :

1
00:00:49,200 --> 00:00:54,800
<i>TUTORIAL MEMBUAT SUBTITLE OLEH SANTRI AKTIF ELITE TEAM</i>

Keterangan :
Warna hijau    :  urutan percakapan
warna ungu     : sesuaikan waktunya dengan waktu awal percakapan
warna merah   : sesuaikan waktunya dengan waktu batas akhir percakapan
warna biru      : isi subtitle yang akan di tampilkan

Copy Paste kode di atas, kemudian ganti nomor urut percakapan, waktu percakapan, dan isi subtitlenya pada percakapan yang lain.

jika anda ingin membuat warna tulisan yang berbeda pada subtitlenya, silahkan gunakan kode dibawah ini :

1
00:00:01,000 --> 00:00:07,000
<font color="#09EA53"TUTORIAL SUBTITLE OLEH SANTRI AKTIF ELITE TEAM</font>


Keterangan :
Warna hijau      :  urutan percakapan
warna ungu       : sesuaikan waktunya dengan waktu awal percakapan
warna merah     : sesuaikan waktunya dengan waktu batas akhir percakapan
Warna Orange  : Ganti kode warna dengan warna yang anda inginkan
warna biru         : isi subtitle yang akan di tampilkan

Langkah 4
Setelah anda membuat subtitle untuk semua percakapan, save data tulisan tadi dengan menekan tombol Ctrl + S pada keyboard.kemudian isi kolom file name dengan judul  nama sesuai dengan judul film anda, kemudian sertakan ekstensi srt, contoh : "video santri aktif.srt" (tanpa tanda kutip). pilih All files pada kolom Save as type.

Untuk mengetest subtitlenya, silahkan buka video yang anda buat subtitlenya tadi kemudian drag subtitle yang telah anda buat ke dalam video tersebut.

Semoga Tutorial ini bermanfaat bagi anda, silahkan berikan komentar untuk langkah - langkah yang tidak dimengerti. dan bantu kami untuk mendapatkan like lebih banyak dengan mengklike like yang telah kami sediakan, terimakasih :)

SANTRI AKTIF, PASTI BISA