FACEBOOK

Sharing Files Via LAN Cable

Assalamu'alaikum...
Hai sahabat santri aktif? apa kabar? sudah lama tidak nulis, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang sharing file menggunakan kabel LAN. ada banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk berbagi file, di antaranya kita bisa menggunakan CD/DVD, Flashdisk, Hardisk Eksternal, dan masih banyak lagi yang lainnya. namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara berbagi file menggukan kabel. kabel yang saya gunakan pada tutorial ini adalah kabel UTP dengan metode pengkabelan CrossOver. disini saya menggunakan metode pengkabelan Crossover  karna pada tutorial ini hanya akan melakukan berbagi file dengan dua komputer saja.

sumber gambar: http://www.stratusvue.com

Awalnya, saat pertama kali menggunakan cara ini, saya merasa ada hal yang menjadi kelebihan dari berbagi data menggunakan kabel. salah satunya adalah efisien waktu. jika kita berbagi data menggunakan Flashdisk misalanya, maka membutuhkan dua proses pengiriman, yaitu proses pengiriman data dari komputer1 ke flashdisk, kemudian proses pengiriman data dari flashdisk ke komputer2. berbeda dengan cara berbagi file menggunakan kabel LAN. dengan kabel ini hanya membutuhkan satu proses pengiriman saja, yaitu dari komputer1 langsung ke komputer2.
baiklah, saya rasa sudah cukup kata pengantarnya, langsung saja kita masuk ke langkah kerjanya. disini saya telah menyusun langkah - langkah kerjanya beserta gambarnya dengan harapan semoga tutorial kali ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi pembaca. amin..

1. MENGHUBUNGKAN KABEL KE KEDUA KOMPUTER

pada langkah pertama ini, silahkan hubungkan kedua komputer menggunakan kabel yang telah dipersiapkan.

2. MENGATUR IP KEDUA KOMPUTER
setelah selesai menghubungkan kedua komputer menggunakan kabel, silahkan klik kanan ICON koneksi internet yang ada di taskbar bagian kanan. setelah diklik kanan, sialahkan pilih Open network and sharing center.


setelah itu, pilih Local Area Connection seperti gambar dibawah


kemudian, klik properties


setelah klik properties, silahkan pilih Internet Protocol Version 4.





setelah itu, ganti IP nya menjadi SCP, kemudian setting IP Address menjadi 192.168.1.1 dan subnet mask menjadi 255.255.255.0 dan untuk kolom yang lain dikosongkan.


kemudian klik OK, OK dan Close. setelah itu pilih Change advanced sharing and center. kemudian setting seperti gambar dibawah:


3. MEMBAGIKAN FILE

untuk langkah yang ketiga ini, silahkan cari file/folder yang ingin dibagikan. setelah dapat, silahkan klik kanan folder tersebut kemudian pilih share with > specific people. kemudian pilih everyone > add > share > done.



4. MELIHAT FILE YANG TELAH DIBAGIKAN DI KOMPUTER 2

sekarang silahkan lihat file yang telah dibagikan oleh komputer 1 di komputer 2 dengan cara klik Start Menu, kemudian pada kolom pencarian (search) ketikkan No IP Address komputer1 diawali dengan tanda \\. sehingga jika dituliskan menjadi \\192.168.1.1 kemudian tekan enter. jika berhasil, maka anda akan bisa melihat file yang telah dibagikan oleh komputer 1.


  

Selamat, anda telah berhasil berbagi file menggunakan kabel LAN jenis UTP. untuk komputer yang kedua, silahkan ikuti langkah - langkah diatas, namun IP Addressnya dibedakan dibagian terakhir, misalnya 192.168.1.2.

Alhamdulillah, demikianlah tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. jika ada kesalahan dari tulisan ini mohon disampaikan dikomentar sehingga bisa diperbaiki kembali.

SANTRI AKTIF, PASTI BISA :D

0 Response to "Sharing Files Via LAN Cable"